Sabtu, 06 Agustus 2011

Anak Bermain di Masjid

Masa anak-anak, adalah salah satu siklus kehidupan manusia. Pada masa anak-anak ini, seseorang akan cenderung mencontoh apa yang dilakukan orang di sekitarnya dan tak memiliki rasa lelah untuk bermain. Sebagai orang tua yang baik, kita harus bisa memberikan hak-hak anak tersebut. Biarkanlah mereka bermain dan menjelajahi dunia. Dengan begitu anak-anak akan belajar mengenai dunia ini.

Bagaimana dengan masjid? Apakah masjid boleh dijadikan tempat bermain bagi anak-anak? Jawabannya tentu adalah boleh!

Dengan bermain di masjid, anak-anak akan merasa bahwa masjid itu dekat mereka dan menyenangkan. Nah, kalau anak-anak sudah merasa dekat dengan masjid, anak akan gemar pergi ke masjid dan merasa bahwa masjid itu adalah tempat yang tidak membosankan. Dengan bermain di masjid pula, anak-anak akan lebih mengenal masjid. Anak-anak akan tahu tentang seluk-beluk masjid, kegiatan-kegiatan di masjid.

Satu kesalahan para imam atau takmir masjid adalah memarahi anak-anak yang bermain di masjid. Seharusnya mereka justru membiarkan mereka bermain. Bahkan, alangkah baiknya jika anak-anak diberi contoh tentang bagaimana cara mengurus masjid.

Kewajiban kita hanya menjaga mengingatkan anak-anak tersebut. Di saat sudah waktunya sholat, barulah kita cegah mereka untuk bermain. Tapi jangan sampai memarahinya. Beri mereka pengertian yang santun. Dengan begitu, anak-anak insyaallah akan mengerti.

Nah, dengan uraian di atas, kita bisa ambil kesimpulan. Dengan membiarkan anak-anak bermain di masjid, maka anak-anak akan merasa lebih menyukai dan dekat dengan masjid. Insyaallah jika anak-anak sudah suka, maka hal itu akan berlanjut hingga ia dewasa. Sekian Bejoworld kali ini. (MRM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar