Minggu, 08 Mei 2011

Berkuda, Yok!

Di tengah kebingungan saya dalam mencari bahan buat blogging, akhirnya saya teringat pada sebuah buku anak-anak yang menceritakan tantang asyiknya berkuda. Saya pun mencoba untuk merangkumnya. Silakan menikmati...



Kuda adalah makhluk ciptaan Allah. Tubuh mereke tinggi, bahkan melebihi tinggi manusia. Badannya besar dan ototnya luar biasa kuat. Kuda memiliki moncong yang panjang, sehingga memudahkannya mengambil rumput yang merupakan makanan favoritnya. Kuda memiliki 4 kaki dan kaki-kaki mereka memang terlihat kecil. Akan tetapi, keempat kaki tersebut sangat kokoh sehingga mampu untuk menahan badannya yang besar.

Kuda merupakan binatang menyusui, dan berkembang biak dengan cara melahirkan. Induk kuda mengandung bayinya dalam tempo 11 bulan. Biasanya, induk kuda hanya melahirkan seekor bayi. Jikalau ada anak kuda kembar, itu sangat jarang terjadi.

Kuda dikenal karena kekuatan, daya tahan, dan larinya yang kencang. Kuda mampu berjalan jauh, meskipun dalam cuaca buruk maupun dalam kurangnya persediaan makanan. Inilah salah satu alasan mengapa kuda sering menjadi tunggangan perang.

Kuda pun mudah berteman. Kuda mudah dilatih dan dijadikan tunggangan. Kuda biasanya juga dijadikan penarik kereta, membajak sawah, pemain sirkus, hingga olahraga.

Menunggang kuda dapat melatih kita agar semakin terampil, sabar, dan tenang. Menunggang kuda dapat menjadikan kita sebagai seorang muslim yang kuat. Nabi Muhammad SAW bersabda :
“Segala sesuatu yang tidak menyebut Asma Allah, maka ia adalah senda gurau belaka kecuali empat perkara; berjalannya seseorang antara dua tujuan (untuk memanah), latihan dalam menunggang kuda, bermain dengan keluarganya dan belajar renangnya.” (H.R. Thabrani)
(MRM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar